Masyarakat zaman praaksara terutama periode zaman
neolitikum sudah mengenal sistem kepercayaan. Mereka sudah
memahami adanya kehidupan setelah mati. Mereka meyakini
bahwa roh seseorang yang telah meninggal akan ada kehidupan
di alam lain. Oleh karena itu, roh orang yang sudah meninggal
akan senantiasa dihormati oleh sanak kerabatnya. Terkait dengan
itu maka kegiatan ritual yang paling menonjol adalah upacara
penguburan orang meninggal. Dalam tradisi penguburan ini, jenazah
orang yang telah meninggal dibekali berbagai benda dan peralatan
kebutuhan sehari-hari, misalnya barang-barang perhiasan, periuk
dan lain-lain yang dikubur bersama mayatnya. Hal ini dimaksudkan
agar perjalanan arwah orang yang meninggal selamat dan terjamin
dengan baik. Dalam upacara penguburan ini semakin kaya orang
yang meninggal maka upacaranya juga semakin mewah.
Barangbarang
berharga yang ikut dikubur juga semakin banyak.
Selain upacara-upacara penguburan, juga ada upacaraupacara
pesta untuk mendirikan bangunan suci. Mereka percaya
manusia yang meninggal akan mendapatkan kebahagiaan jika
mayatnya ditempatkan pada susunan batu-batu besar, misalnya
pada peti batu atau sarkofagus.
Batu-batu besar ini menjadi lambang perlindungan bagi
manusia yang berbudi luhur juga memberi peringatan bahwa
kebaikan kehidupan di akhirat hanya akan dapat dicapai sesuai
dengan perbuatan baik selama hidup
di dunia. Hal ini sangat tergantung
pada kegiatan upacara kematian yang
pernah dilakukan untuk menghormati
leluhurnya. Oleh karena itu, upacara
kematian merupakan manifestasi
dari rasa bakti dan hormat seseorang
terhadap leluhurnya yang telah
meninggal.
Sistem kepercayaan masyarakat praaksara yang
demikian itu telah melahirkan tradisi megalitik (zaman
megalitikum = zaman batu besar). Mereka mendirikan
bangunan batu-batu besar seperti menhir, dolmen, punden
berundak, dan sarkofagus.
Sistem kepercayaan dan tradisi batu besar seperti
dijelaskan di atas, telah mendorong berkembangnya
kepercayaan animisme. Kepercayaan animisme merupakan
sebuah sistem kepercayaan yang memuja roh nenek
moyang. Di samping animisme, muncul juga kepercayaan
dinamisme. Menurut kepercayaan dinamisme ada bendabenda
tertentu yang diyakini memiliki kekuatan gaib,
sehingga benda itu sangat dihormati dan dikeramatkan.
Seiring dengan perkembangan pelayaran, masyarakat
zaman praaksara akhir juga mulai mengenal sedekah laut.
Sudah barang tentu kegiatan upacara ini lebih banyak
dikembangkan di kalangan para nelayan. Bentuknya
mungkin semacam selamatan apabila ingin berlayar jauh,
atau mungkin saat memulai pembuatan perahu.
No comments:
Post a Comment